Minggu, 22 November 2009

Penemuan yg lain

Selain skema alat pencari lagu dan pembuktian kuadrat bil.asli dan nilai phi, ada beberapa rumus matematika baru yg saya temukan, dan rumus itu sudah didiskusikan dg beberapa dosen, jika pembuktian kuadrat bil asli saya diskusikan dg Pak Afrizal dosen matematika Universitas Andalas,maka rumus2 ini saya diskusikan dg Pak Eko dosen matematika ITB dan Bu Nursanti dosen matematika Unpad;

1. cos^2 a+cos^2b+cos^2c=1
2. L{f(x)}= akar[{x(x+a)}^n n^2+x^2]
3. Ym=nr(2sina)^m
4. cos(<3/2>a)= (sina<2cosa-1>)/akar[2(1-cosa)]

Sebenarnya saya juga telah menemukan secara terpisah rumus ttg; sigma 1/m(m+1)=1-1/(n+1),namun sudah ditemukan oleh orang lain terlebih dahulu, jadi saya menganggap itu bukan penemuan saya, walaupun saya menemukannya secara terpisah.

1 komentar:

alex mengatakan...

rumus cos^2 a + cos^2 b + cos^2 c = 1, adalah dasar yg saya gunakan untuk membuat alat pengukur panjang, lebar dan tinggi bangunan, alat tersebut adalah perpaduan dari alat pengukur sudut (skema alat tersebut belum saya publikasikan, ada didokumen saya) dengan laser, jadi untuk mengetahui salah satu dari, panjang, lebar dan tinggi suatu bangunan kita hanya perlu mengetahui 2 dari 3 sudut yg ada pada rumus.... dan besar sudutnya itu dapat diketahui dengan menggunakan alat yg merupakan perpaduan alat pengukur sudut dengan laser tersebut...dunia konstruksi akan banyak terbantu dengan menggunakan alat ini..